Mees Hilgers Tombeng ( Bek Tengah Timnas Indonesia Senior 2024)

Profil Mees Hilgers

Mees Hilgers Tombeng pemain Bek Tengah Timnas Indonesia Senior 2024
(Photo oleh SM Indramayutradisi.com)

Mees Hilgers Tombeng, lahir pada 13 Mei 2001 di Amersfoort, Belanda, adalah pesepakbola profesional yang saat ini bermain sebagai bek tengah untuk klub Eredivisie, FC Twente, dan tim nasional Indonesia. Hilgers memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Manado, Sulawesi, sementara ayahnya adalah warga asli Belanda.

Karier Sepak Bola

Mees Hilgers Tombeng pemain Bek Tengah Timnas Indonesia Senior 2024
(Photo oleh SM Indramayutradisi.com)

Hilgers menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan FC Twente pada 6 Desember 2018. Ia melakukan debut di tim utama pada 5 Desember 2020, saat FC Twente meraih kemenangan 2-1 atas Ajax. Karier sepak bola Hilgers dimulai di klub lokal Belanda, Sparta Nijkerk, sebelum bergabung dengan akademi FC Twente pada 2011. Di akademi tersebut, ia berkembang melalui beberapa level kelompok umur, mulai dari U-17, U-19, hingga U-21.

Pada Oktober 2020, Hilgers berhasil menembus skuad utama FC Twente dan tampil dalam beberapa pertandingan di Eredivisie, liga utama Belanda. Sejak saat itu, ia menjadi pemain reguler di tim inti. Hingga kini, Hilgers telah mencatatkan 101 penampilan untuk Twente, dengan sumbangan tiga gol dan satu assist. Pada musim ini, ia sudah bermain dalam empat pertandingan, termasuk dua di Eredivisie dan dua di babak kualifikasi Liga Champions, dengan total waktu bermain 360 menit.

Garis Keturunan Indonesia

Mees Hilgers Tombeng pemain Bek Tengah Timnas Indonesia Senior 2024
(Photo oleh SM Indramayutradisi.com)

Hilgers mengaku bahwa pengaruh budaya Indonesia dalam hidupnya sangat kuat, terutama dari keluarga ibunya yang tinggal di Amersfoort. "Saya memiliki keluarga besar, termasuk sembilan bibi dan paman, serta orang tua, kakek, dan nenek saya," ujar Hilgers dalam wawancara di kanal YouTube FC Twente. Ia juga sering menghabiskan waktu bersama keluarganya setiap akhir pekan, menghadiri gereja, dan makan bersama, yang menurutnya sangat membentuk karakter pribadinya.

Hilgers telah beberapa kali mengunjungi Indonesia saat masih kecil dan mengungkapkan kecintaannya terhadap makanan Indonesia, terutama soto ayam, yang ia anggap sebagai hidangan favoritnya. "Soto ayam buatan ibu saya adalah yang terbaik, bahkan saya bisa terbangun hanya untuk menyantapnya," katanya.

Proses Naturalisasi dan Timnas Indonesia

Mees Hilgers merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang sedang menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pada 6 September 2024. Erick Thohir juga mengunggah foto bersama Hilgers di akun Instagram pribadinya, menunjukkan bahwa proses naturalisasi sedang berlangsung.

Hilgers sendiri sudah menyatakan keinginannya untuk membela Indonesia dalam sebuah wawancara eksklusif dengan FC Twente. Namun, proses ini membutuhkan waktu karena ada sejumlah tahapan yang harus dilalui sebelum ia dapat resmi membela Timnas Indonesia.


Penulis

SM Indramayutradisi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel