Profil Maarten Paes (Timnas Indonesia Senior 2024)

 

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998, dan memiliki keturunan Indonesia dari neneknya yang berasal dari Pare, Kediri, Jawa Timur, yang lahir pada 20 Maret 1940. Menurut Cahyo Rahadian Muzhar, Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI, Paes memiliki garis keturunan Indonesia dari neneknya tersebut, sebagaimana disampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI pada 30 April 2024, dikutip dari CNN Indonesia.

Maarten Paes ketika melakukan penyelamatan bola saat 
Indonesia melawan Australia 2024
(Photo editor SM Indramayu Tradisi)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tertarik dengan kemampuan Paes dan merekomendasikannya untuk memperkuat Timnas. Proses naturalisasi Paes, yang juga melibatkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, sempat direncanakan pada awal Maret 2024. Namun, proses tersebut mengalami hambatan karena aturan FIFA mengenai perubahan federasi. PSSI kemudian mengajukan banding terkait status Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga pada bulan yang sama.

Maarten Paes (Photo editor SM Indramayu Tradisi)

Setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Paes memulai debutnya bersama Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta. Penampilannya langsung mencuri perhatian dengan sejumlah penyelamatan penting, termasuk menggagalkan penalti kapten Arab Saudi, Salem Al Dawsari, meskipun penalti tersebut terjadi akibat kesalahannya.

Menurut data dari Sofascore, dalam pertandingan tersebut, Paes yang saat ini bermain untuk FC Dallas, berhasil melakukan tiga penyelamatan, dua di antaranya di dalam kotak penalti. Dia mendapatkan rating 6,8 untuk performanya di lapangan.

Timnas Indonesia Senior 2024 (Photo editor SM Indramayu Tradisi)

Pada pertandingan kedua melawan Australia, Paes semakin menunjukkan kualitasnya dengan melakukan lima penyelamatan dari total 19 tembakan lawan. Empat dari penyelamatan tersebut terjadi di dalam kotak penalti, mempertegas perannya sebagai salah satu pilar penting dalam tim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel