Profil Syahrul Trisna Fadillah (Kiper TIMNAS Indonesia Senior)

 

Syahrul Trisna Fadillah adalah seorang pesepakbola asal Indonesia yang berposisi sebagai penjaga gawang untuk Persikabo 1973. Pada pertandingan pekan ke-14 BRI Liga 1 Indonesia melawan Bali United, yang berlangsung pada Jumat, 29 September 2023, Syahrul menjadi sorotan akibat dua kesalahan fatal yang berujung pada kekalahan Persikabo dengan skor 0-2. Kesalahan tersebut memberi Bali United gol mudah, yang berkontribusi pada kemenangan Serdadu Tridatu.

Gambar Syahrul Trisna Fadillah (editor gambar SM Indramayu Tradisi)

Namun, Syahrul bukan hanya dikenal sebagai pesepakbola. Lahir di Sleman pada 26 November 1995, dia juga merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan pangkat sersan dua. Syahrul memulai perjalanan sepak bolanya di Sekolah Sepak Bola (SSB) AMTRI, yang berlokasi di kampung halamannya di Beran, Tridadi, Sleman. Kemudian, dia memperkuat PSST Tridadi, klub amatir di Sleman, dalam kompetisi lokal.

Antara tahun 2011 hingga 2014, Syahrul menjadi siswa Diklat Salatiga dan sempat bermain untuk Persab Brebes pada 2013 serta Persera Seruyan pada 2014 yang berkompetisi di Divisi 3 Liga Indonesia. Karier profesionalnya dimulai setelah membela tim PON DIY pada tahun 2016. Dia kemudian dikontrak oleh PSS Sleman dalam turnamen ISC B. Meski hanya menjadi pemain cadangan, Syahrul kemudian mengikuti seleksi anggota TNI dan bergabung dengan PS TNI U-21 di ajang ISC U-21, di mana ia dipercaya menjadi kapten tim dan berhasil membawa timnya meraih gelar juara.

Gambar Syahrul Trisna Fadillah (editor gambar SM Indramayu Tradisi)

Pada tahun 2017, Syahrul menjadi kiper utama PSS Sleman di Liga 2, setelah adanya regulasi yang memperbolehkan pemain di atas usia 25 tahun untuk tampil. Meski sebagai pemain profesional Syahrul tidak sering berpindah klub, dia tercatat hanya bermain untuk tiga tim sepanjang kariernya, yaitu PS TNI, PSS Sleman, dan Persikabo 1973. Di Persikabo, ia tampil dalam 60 pertandingan, sementara di PSS Sleman hanya mencatatkan 16 penampilan.

Selain di level klub, Syahrul juga pernah membela tim nasional Indonesia. Pada tahun 2021, ia dipanggil ke timnas senior dan tampil dalam lima pertandingan.


SM

Tim Redaksi 

Indramayu Tradisi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel